Minggu, 18 September 2011

rangkuman bisnis internasional


A.   BISNIS INTERNASIONAL

Suatu perusahaan perlu mengidentifikasi potensi pasar, mengalokasikan sumber daya yang tersedia, meningkatkan modal awal perusahaan, menggaji karyawan, mengembangkan rencana pemasaran, membangun jaringan distribusi dan mengidentifikasi jalur pengecer.
Bisnis internasional berbeda dengan bisnis di dalam negri. Seorang manajer yang hendak melakukan ekspansi bisnis ke pasar internasional, tidak hanya menambah komponen internasional dalam bisnis domestiknya. Namun ia juga harus menyadari fakta bahwa aktivitas bisnis internasional dilakukan dalam lingkungan dan arena yang berbeda dalam berbagai aspek seperti, system ekonomi, budaya, pemerintahan dan politik. Sebagai contoh, system ekonomi bervarasi dari yang kapitalis hingga perencanaan terpusat. System politik bervariasi dari demokrasi hingga otokrasi. Parameter budaya amat beragam dari macam etnis, kepercayaan/agama, kebiasaan social & tradisi.
Definisi sederhana dari Bisnis Internasional adalah segala aktivitas bisnis yang melewati batas-batas wilayah suatu Negara. Pelaku bisnis yang terlibat dalam bisnis internasional dapat perseorangan, swasta pemerintah atau campuran. Ada dua macam penggolongan  bisnis internasional yaitu :

Ø  Berdasarkan jenis aktivitas bisnisnya

·         Perdagangan luar negeri, yaitu aktivitas ekspor dan impor barang
·         Perdagangan jasa, seperti jasa asuransi, perbankan, hotel, konsultan travel & asuransi
·         Investasi portofolio, pembelian obligasi saham dalam negeri oleh orang/perusahaan asing, tanpa control manajemen
·         Investasi langsung, sering disebut penanaman modal asing (PMA)

Ø  Berdasarkan tahapan evolusioner

Keterangan
Tahap 1
Tahap 2
Tahap 3
Tahap 4
Tahap 5
Kontak dengan pasr internasional
Tidak langsung, pasif
Langsung, aktif
Langsung, aktif
Langsung, aktif
Langsung, aktif
Focus operasi internasional
Domestic
domestik
Domestic & internasional
Domestic & internasional
internasional
Orientasi perusahaan
Domestic
domestik
Terutama domestik
Multinasional/multi domestic (operasi didalam negeri dipandang sebagai salah satu bagian)
Global (dengan modifikasi domestic)
Macam aktivitas internasional
Perdagangan luar negeri dalam barang & jasa
Perdagangan luar negeri dalam barang & jasa
Perdagangan luar negeri, bantuan luar negeri, investasi asing langsung
Perdagangan luar negeri, bantuan luar negeri, investasi asing langsung
Perdagangan luar negeri, bantuan luar negeri, investasi asing langsung
Struktur organisasi
Domestic internasional
Departemen internasional
Divisi internasional
Struktur global
Struktur global

Tabel diatas menjelaskan bahwa perusahaan multinasional memformulasikan strategi yang berbeda untuk tiap Negara & tidak pernah menerapkan strategi global yang terpadu. Perusahaan AT & T, Apple Computers dan Federal Express adalah contoh perusahaan multinasional karena mereka tidak mendesain produknya untuk pasar global. Disisi lain, perusahaan seperti Ford Motor Company, Unilever, Mazda, Matshushita Electic Company, Sony & General Electrik merupakan contoh perusahaan global karena selain memproduksi untuk pasar global, perusahaan-perusahaan ini memiliki jaringan manufacture/jasa internasional, pemasaran, keuangan, & sumber daya manusia yang terkoordinasi & terpadu.



B.    BERBAGAI METODE GO INTERNASIONAL

Suatu perusahaan yang bermaksud melakukan ekspansi usahanya ke luar negeri dapat menempuh beberapa alternative metode sebagai berikut :

Ø  Ekspor
Aktivitas ekspor adalah bentuk keterlibatan perusahaan dalam bisnis internasional yang paling sederhana. Perusahaan menggunakan kapasitas produksi domestic yang dimilikinya untuk produksi, distribusi, administrasi & mengalokasikan sejumlah tertentu produksi dalam negerinya untuk pasar luar negeri.
Dalam praktik, suatu perusahaan dapat menjadi eksportir langsung/tidak langsung. Sebagai eksportir langsung, perusahaan tersebut melayani seluruh tahap ekspor dari penjualan hingga pengiriman barang. Sebagai eksportir tidak langsung, eksportir menyewa seseorang/perusahaan lain untu mempermudah perdagangan.
Mekanisme aktivitas ekspor memerlukan hal-hal berikut ini :

·         Izin dari pemerintah dalam negeri
·         Jaminan transportasi yang dapat dipercaya & asuransi transit
·         Dipenuhinya persyaratan-persyaratan yang diminta Negara pengimpor.
Didalam metode menembus pasar internasional lain, ekspor memiliki beberapa kelebihan & kekurangan diantaranya :
Kelebihan ekspor :
·         Resiko amat kecil & meningkat penjualan & mengurangi stok perusahaan
·         Eksportir tidak terlibat dalam masalah yang berkaitan dengan iklim usaha diluar negeri
·         Melakukan ekspor merupakan cara mudah untuk mengidentifikasi potensi pasar & memperkenalkan merk dagang
Kekurangan ekspor :
·         Melakukan ekspor mungkin lebih mahal disbanding metode lain dilihat dari per unit biaya terutama biaya-biaya, komisi, bea ekspor, pajak & transportasi & juga karena kesalahan yang sering dilakukan oleh pemula
·         Ekspor kurang dapat digunakan sebagai alat penetrasi pasar yang optimal karena pengepakan/promosi yang kurang digarap dengan benar
·         Tambahan pangsa pasar dapat hilang bila pesaing local menjiplak barang/jasa yang ditawarkan eksportir.

Ø  Lisensi
Melalui lisensi, suatu perusahaan pemberi lisensi menghibahkan beberapa hak kepada perusahaan asing, yang meliputi pemberian hak untuk memproses, hak paten, program, merk, hak cipta/keahlian.
Didalam metode menembus pasar internasional lain, lisensi memiliki beberapa kelebihan & kekurangan diantaranya :
Kelebihan lisensi :
·         Pemberi lisensi menerima tambahan keuntungan disbanding hanya terpaku pada suatu proses/metode didalam negeri
·         Dapat memperluaas siklus hidup produk perusahaan
·         Perusahaan pemberi lisensi sering mengalami peningkatan penjualan atas penggantian suku cadang diluar negeri
·         Bagi perusahaan penerima lisensi akan mendapat hak memproses & teknologi, yang pada gilirannya mengurangi biaya riset & pengembangan
Kekurangan lisensi :
·         Membatasi kesempatan mendapat keuntungan dimasa depan karena hak khusus perusahaan diperluas sampai periode tertentu
·         Dengan memberikan hak kepada perusahaan lain, perusahaan pemberi lisensi kehilangan control terhadap kualitas produk & proses, penyalahgunaan kekayaan, & bahkan perlindungan terhadap reputasi perusahaan

Ø  Franchising

Franchising hamper sama dengan lisensi. Bedanya, selain menghibahkan izin penggunaan nama, proses, metode, atau merk, perusahaan membantu penerima franchise dalam operasi dan atau pasok bahan mentah.
Contoh perusahaan pemberi franchise adalah perusahaan jasa & restoran, khususnya fast food & minuman ringan seperti McDonald, Kentucky Fried Chiken, Pizza Hut.
Manfaat utama bagi perusahaan pemberi Franchise adalah meningkatnya penerimaan & perluasan nama merk produk serta perluasan pasar. Kelemahan utam metode ini sama seperti lisensi yaitu bagaimana mengatasi masalah control terhadap kualitas & standar operasi.

Ø  Kontrak manajemen

Kontrak manajemen terjadi bila suatu perusahaan menyewakan keahlian/pengetahuannya kepada pemerintah/perusahaan luar negeri dalam bentuk orang yang dating nkepada pemerintah/perusahaan & mengelola kepentingan mereka.

Ø  Kontrak manufacture

Ø  Investasi langsung
Bila suatu perusahaan melakukan investasi secara langsung dari luar negeri berarti benar-benar membuat komitmen atas modal, orang & kekayaan melampaui batas wilayah negaranya.

Ø  Patungan ( Joint Venture)

Patungan adalah kerjasama bisnis dimana satu atau lebih perusahaan bergabung bersama untuk mendirikan beberapa jenis operasi.

Ø  Cabang yang dimiliki penuh

Dengan mendirikan cabang diluar negeri yang dimiliki penuh, suatu perusahaan dapat menjaga kontol menyeluruh terhadap pemasaran, penentuan harga, keputusan produksi & mempertahankan kelebihan teknologi. Dalam mendirikan cabang, suatu perusahaan dapat memilih apakah : mengakuisisi perusahaan yang telah berjalan atau mendirikan pabrik sendiri.

Ø  Operasi global

Suatu perusahaan yang melakukan globalisasi operasi akan dapat mengambil peluang bisnis yang terjadi diseluruh dunia & tidak terbatas pada sector tertentu. Bila dunia semakin berkembang menjadi pasar global dimana produk menjadi standar disemua budaya, maka perusahaan dapat memproduksi & menjual produk yang dapat diandalkan dengan biaya yang murah diseluruh dunia. Contoh perusahaan yang telah melakukan globalisasi operasi adalah Levi-Strauss, Pepsico, & Coca-cola.

Ø  Investasi portofolio

Investasi portofolio dapat berupa investasi dalam bentuk surat-surat berharga yang dapat diperjualbelikan dipasar internasional seperti, uang, obligasi, surat dagang, sertifikat deposito & saham. Investor yang memutuskan untuk membeli surat berharga didorong oleh beberapa alasan terutama :

·         Melakukan diversifikasi portofolionya diantara berbagai pasar & lokasi
·         Untuk memperoleh keuntungan yang lebih tinggi
·         Menghindari resiko politik
·         Berspekulasi dipasarvaluta asing

2 komentar: